Belajar Perakitan Komputer Part 2



Selamat malam para sahabat blogger .

Arkopat ~ Kita akan lanjutkan lagi belajar tentang perakitan komputer yang sebelumnya admin sudah posting belajar Perakitan Komputer Part 1 sekarang kita belajar tentang macam-macam yang di butuhkan komputer.

Komputer itu bisa menyalah kalau ada beberapa hal seperti :
  1. Hardware
  2. Software 
  3. Brainware
  4. Power Supply / Tegangan Listrik
Admin akan sedikit demi sedikit kumpas tuntas hal-hal yang di atas . kita awali untuk memahami atau belajar tentang hardware. Apasih hardware itu , untuk apa kok komputer harus butuh yang namanya hardware ..? . mungkin dari artinya kita sudah tau apa itu hardware . hardware adalah perangkat keras yang harus di butuhkan oleh komputer agar komputer bisa berjalan dengan baik .
Hardware terdiri dari :
  1. Input device
  2. Proses Device
  3. Storage Device
  4. Communication Device
nah loh kok Hardware ada macam-macamnya ya :( bikin pusing pala berbie ajah hehe ? tenang sahabat blogger admin insya’allah akan menjelaskan semuanya cuman untuk kamu kok, iya kamu yang pakek kerudung merah yang cantik akhlaknya hahaha :D mungkin efek JOMLA(JOmblo Menunggu Lama cintA) . udah ya bercandanya sekarang serius ke materi :D

Kita awali dengan membaca bismillah untuk masuk ke materi input device . seperti namanya input device adalah masukan unit yang mempunyai fungsi untuk memasukan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah Mouse,Scanner, Barcode Reader , Keyboard, dll. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenace input. Admin akan menjelaskan macam-macam input device .

1. Mouse komputer

Mungkin Sudah tidak asing lagi dengan benda/alat yang satu ini . mouse kalau kita artikan dalam bahasa Indonesia adalah tikus . tapi bukan tikus yang biasanya di selokan lo ya :D . kenapa kok disebut mouse . Hal ini dikarenakan mouse memiliki kabel yang menjulur  berbentuk seperti tikus. La terus kan sekarang jamannya wireless(tanpa kabel) ?? nah loh .. :D iya seh??  Kalau itu mungkin disebut tikus tak berekor kali ya.. :D .
Sekarang mouse sudah berkembang dan banyak jenisnya , mungkin yang umum ada : Mouse Optik , mouse ball,dll .

Ini salah satu contoh dari mouse optik dengan interface USB
 

Istilah dan Cara Kerja Mouse:
  • Pointer: sebuah anak panah yang terlihat di layar yang dapat bergerak bebas.
  • Pointing: gerakan mouse untuk menggerakkkan pointer dari layar.
  • Klik: Menekan tombol bagian kiri dari mouse 1 kali.
  • Double klik: menekan tombol mouse bagian kiri dua kali secara cepat.
  • Klik-kanan: menekan tombol bagian kanan dari mouse 1 kali.
  • Drag (geser): menekan tombol kiri mouse dan ditahan sambil pointing (digeser)
  • Select (pilih): meletakkan pointer pada 1 objek.
2. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dengan demikian, fungsi scanner ini hampir sama dengan mesin fotokopi. Hasil mesin fotokopi dapat langsung kita lihat pada kertas, sedangkan hasil scanner ditampilkan pada layar komputer terlebih dahulu, kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Kemudian hasil dari scan-an dapat disimpan sebagai file teks, dokumen, maupun gambar. Scanner ini disebut juga alat pindai atau pemindai.
Cara Kerja Scanner, ketika menekan perintah untuk memulai scan pada layar, yang akan terjadi adalah:
  • Penekanan tombol mouse komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
  • Kemudian, unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
  • Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
  • setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat dilayar.
  • Jika hasil atau tampilan teks/gambar ingin diubah, kita dapat mengubahnya dengan menggunakan software aplikasi yang ada, misalnya dengan adobe photoshop.
3. Barcode Reader

Sudah tidak asing di telinga kita apa itu barcode apalagi yang kemarin habis UN pasti pernah lihat barcode di naskah ujian kan ?? tapi apakah sudah tau apa itu barcode ?? kalau belum tau admin akan sedikit jelasin, tenang ajah adminnya baik hati dan tidak sombong kok :D . barcode reader merupakan alat yang digunakan untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.


Ini salah satu contoh gambar barcode reader



 

4. Keyboard Komputer

Keyboard Komputer adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Dalam Bahasa Indonesia, keyboard disebut juga papan tombol jari atau papan tuts. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.

Pembagian Tombol Pada Keyboard

Sebuah Keyboard pada umumnya memiliki bagian-bagian tombol sebagai berikut:
  1. Tombol Alphanumeric (Typewriter keys/Typing keys) : tombol yang terdiri dari tombol angka, huruf, dan simbol. Tombol biasanya terdiri dari 2 karakter, dimana karakter akan muncul jika kita menekan tombol tersebut dan karakter satunya akan muncul jika kita menekan tombol sambil menahan tombol Shift.
  2. Tombol Numeric (Numeric Keypad) : Tombol angka yang berada dibagian kanan keyboard. Pada Komputer Laptop/netbook, tombol ini menyatu dengan tombol alphanumeric.
  3. Tombol Fungsi (Function Keys) : Tombol yang berada dibagian Atas terdiri dari tombol F1 - F12.
  4. Tombol Navigator (Control Keys) : tombol panah (arah) dll. berfungsi untuk memindahkan kursor.
  5. Tombol Khusus (Special Command Key) : Tombol Windows, klik kanan, dll.
Penjelasan penggunaan umum tombol fungsi:
  • F1, untuk memunculkan/menampilkan bantuan pada program yang sedang aktif.
  • F2, untuk mengganti nama sebuah file / item.
  • F3, untuk mencari File atau Folder.
  • F4, untuk membuka Address Bar List pada My Computer, Windows Explorer, dan Internet Explorer.
  • F5, untuk me-refresh windows yang sedang aktif.
  • F6, untuk pindah ke elemen layar berikutnya pada sebuah program atau pada desktop.
  • F10, untuk mengaktifkan menu bar program yang sedang berjalan.
  • Alt+F4, untuk menutup program yang sedang aktif (bisa juga men-shot down).
  • Ctrl+F4, untuk menutup dokumen yang sedang aktif.
  • Shift+F10, untuk membuka menu jalan pintas (shortcut menu) pada program yang sedang aktif / fungsinya sama seperti klik kanan pada Mouse.
Tombol tersebut tentunya akan berbeda fungsinya pada setiap program aplikasi. Tergantung programmer yang membuat aplikasi itu sendiri dan tergantung si cewek yang pakai kerudung merah tadi :D . 
oke kita akhiri materi ini sejenak. insya’allah admin akan lanjutkan lagi materinya yang semakin seru ini :D . Tetap selalu kunjungi Blog kami yang sederhana ini . oiya kami minta maaf kalau ada tulisan yang kurang berkenan 

Referensi :
http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-input-device-unit-masukan.html


SHARE

Arkopat Official

Blog yang berisi Tutorial , Tips dan trik , Software , Berita Teknologi terbaru , web Design , Pemrograman Komputer , Pemrograman Web dan Berbagai Hal Menarik tentang Dunia IT

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment